Syarat dan Cara Apply Second Year WHV




Work and Holiday Visa (WHV) berlaku satu tahun dan multiple entry. WHV dapat diperpanjang sampai dua tahun dengan syarat kerja tertentu atau biasa disebut oleh para backpackers dengan 88 days.

SYARAT

Syarat perpanjangan WHV tahun kedua dapat dilihat di: website immi 1 dan website immi 2

Perlu diketahui juga, WHV terbagi menjadi dua subclass, yaitu subclass 462 dan 417. Indonesia bersama dengan Malaysia, Singapore, China, Thailand, US, Peru dan lain-lain masuk dalam subclass 462. Hong Kong, Taiwan, Japan, South Korea, UK, France, Belgium, Germany, Canada dan lain-lain masuk dalam subclass 417. Syarat perpanjangannya pun sedikit berbeda (akan saya sebut di bawah).

Syarat perpanjangan second year WHV mencakup empat faktor utama: umur pendaftar, wilayah, bidang dan durasi kerja

Umur maksimal pendaftar yang diperkenankan adalah 30 tahun. Lagi umur 30 masih bisa apply selama belum ulang tahun ke-31. Contoh: ulang tahun ke-31 pada tanggal 20 September 2019, apply second year paling lambat tanggal 19 September 2019. Nah untuk wilayah dan bidang kerja bisa dilihat pada link website immi 2 di atas. Bidang kerja yang dipersyaratkan adalah:
- Plant and animal cultivation
- Fishing and pearling
- Tree farming and felling 
- Hospitality and tourism (beruntunglah kita, subclass 462 memperbolehkan kerja di bidang ini, 417 tidak)


Detail Bidang Kerja

Pada umumnya anak WHV mengambil pekerjaan farming khususnya panen buah atau sayur. Mungkin karena employer butuh banyak orang, tidak perlu experience dan bagi orang Indonesia itu adalah pengalaman baru yang tidak bisa dilakukan di Indonesia. Musim panen ini sangat dipengaruhi oleh musim/suhu dan lokasi. Contoh: panen pisang biasanya di utara Queensland pada akhir tahun. Banyak website atau aplikasi HP yang menyediakan info ini. Contoh kerja di bidang hospitality bisa dilihat di website immi yang ini. Pengalaman anak WHV yang saya baca pada umumnya menjadi kitchen hand/kitchen steward, housekeeper, waitress/wait staff, front desk/receptionist, barista dan lain-lain. 

Seluruh bidang kerja tersebut harus dilakukan di Northern Australia dan seluruh wilayah Northern Territory. Namun bidang plant and animal cultivation ada tambahan kode pos atau post code (lihat di website immi 2) yang memungkinkan kita kerja di wilayah lain selain Northern Australia dan Northern Territory. Northern Australia adalah wilayah di atas garis Tropic of Capricorn.

Nah gimana cara mengetahui suatu kota/wilayah memenuhi syarat second year? Cek kode pos-nya. Contoh: 
1. Lowongan kerja sebagai kitchen hand di kode pos 6707, di website kode pos 6707 termasuk dalam wilayah yang dipersyaratkan -> bisa
2. Lowongan kerja picking stroberi di kode pos 3335, di website kode pos 3335 tidak termasuk dalam wilayah yang dipersyaratkan -> tidak bisa


sumber

Durasi kerja yang dipersyaratkan adalah minimum 3 bulan atau 88 hari. Boleh kerja di satu employer atau lebih. Bagaimana kalau seminggu cuma kerja dua-tiga hari? Bagaimana kalau seminggu kerja lima hari tapi total 15 jam? Ada yang bilang cukup kumpulkan minimal 13 payslip udah pasti granted tanpa peduli berapa hari dan berapa jam kerja perminggu. Bagaimana jika farming dengan sistem gaji berdasarkan hasil panen? Ketika proses paperwork dengan employer, biasanya mereka akan kasi piecement agreement. Nah piecement agreement ini dilampirkan juga di aplikasi second year.

APPLY SECOND YEAR

Apply WHV second year dilakukan di: website immi

Berdasarkan posisi kita, apply WHV second year terbagi menjadi dua: Onshore dan Offshore. Onshore adalah kita sedang berada di Australia ketika apply second year. Kita tidak diperbolehkan keluar masuk Australia selama proses 2nd year sedang berlangsung. Tapi ada yang menceritakan kalau dia ke Indonesia dan ketika visa second year akan di-issue, dia diemail oleh pihak imigrasi. Mereka meminta kepastian kapan akan balik ke Australia. Jika 2nd year visa kita granted, sisa visa tahun pertama kita tidak hangus dan visa 2nd year akan otomatis aktif setelah visa tahun pertama berakhir.

Baca juga: Persiapan dan Sebulan Pertama WHV di Australia

Offshore adalah kita apply dengan posisi berada di Indonesia dan tidak perkenankan ke Australia selama visa diproses. Penting untuk diperhatikan bahwa visa 2nd year akan aktif ketika kita menginjakkan kaki ke Australia dan waktu yang tersisa pada visa tahun pertama akan hangus. Jadi, jika berencana apply offshore, pastikan mendekati expired date visa tahun pertama agar tidak rugi. Contoh: visa tahun pertama aktif sejak 31 Juli 2019, artinya akan expired 31 Juli 2020. Apply second year offshore dan granted tanggal 15 Juni 2020 kemudian ke Australia tanggal 30 Juni 2020. Tanggal itu visa tahun kedua mulai aktif. Jadi kamu rugi atau kehilangan 1 bulan (30 Juni 2020 - 31 Juli 2020) visa mu.

Perhatikan juga di visa tahun pertama bagian condition apakah ada tulisan "8503 - No further stay". Itu artinya ketika visa tahun pertama habis, kita tidak boleh berada di Australia. Jika tidak ada kondisi tersebut, selama visa 2nd year sedang diproses kita masih bisa stay di Australia dan akan diberikan bridging visa. So, prepare everything well specially those who is late 20s!

Syarat dokumen yang perlu kita siapkan dan upload di website immi adalah sebagai berikut:
Bagian Upload Dokumen

- Passport / Travel Document
Masa berlaku passport tidak kurang dari enam bulan. Yang diupload cukup halaman biodata. Cap keluar-masuk negara dan visa tidak perlu. Jika ada pergantian passport dari yang sebelumnya, entah perpanjang atau hilang, kita perlu reply email dari alamat email yang dulu memberikan WHV tahun pertama (jakarta.students@dfat.gov.au) dengan melampirkan form 929, scan passport lama dan baru.

- Pas Foto / Photograph
Pas foto yang dipersyaratkan berukuran 45 mm x 35 mm dan difoto kurang dari enam bulan yang lalu. Untuk warna background, pas foto saya warna putih.


Keterangan Pas Foto

- Surat Referensi Bank / Evidence of Funds
Seperti syarat WHV tahun pertama, apply second year ini juga memerlukan surat referensi bank minimal 5.000 AUD atau mata uang lain dengan nilai setara. Boleh pakai bank Indonesia ataupun bank Australia. Saya pakai surat referensi bank dari bank Australia, yaitu Commonwealth Bank. Surat referensi bank bisa diperoleh tanpa perlu ke bank. Cukup buka website Commonwealth, login pakai netbank client number kemudian pilih "Account Information". Pilih Account NetBank Saver atau Smart Access. Turun di bawah dan pilih download pada "Balance confirmation" yang menampilkan saldo bank pada dokumen. Done.


Keterangan Evidence of Funds


Pilihan Download Dokumen Commonwealth Bank

- Bukti Kerja / Specified Subclass 462 Work
Di section ini kita diminta upload bukti kerja sesuai wilayah, bidang dan durasi kerja yang dipersyaratkan. Buktinya dapat berupa payslips, employment contract, piecework agreement, employer references, payment summaries dan form 1464. Payment summaries diberikan oleh employer pada end of financial year atau sekitar bulan Juni untuk klaim tax return. Form 1464 dapat di-download pada link ini. Pada umumnya orang upload payslips, employment agreement dan piece work agreement (jika ada). Supaya memudahkan petugas immi, nama pada file payslip diurutkan. Contoh: Happy Cafe 01_060619-190619, Happy Cafe 02_200619-030719, dst.


Keterangan Bukti Kerja



Nah, saya dan Anthony apply second year dengan kondisi Onshore. Saat saya apply tanggal 26 Juni 2019, sistem di website immi belum berubah alias belum di-update untuk pendaftaran third year. Saat Anthony apply tanggal 2 Juli 2019 sistemnya sudah berubah dan sedihnya aplikasi yang di-save sebelum tanggal 1 Juli 2019 hilang jadi dia mulai dari awal lagi. Tidak banyak yang berubah dari sistem baru ini, cuma beberapa pertanyaan ditambahkan. Syarat dokumen yang perlu di-upload pun masih sama. Screenshot tampilan web immi di sini akan agak bercampur antara sistem lama (aplikasi ku) dan sistem baru (aplikasi Anthony).


Baca juga: Apa yang Harus Dibawa ke Australia Selama WHV?

Mengenai bukti kerja, saya sendiri kerja di bidang hospitality sebagai housekeeper di salah satu hotel di Darwin, Northern Territory. Selengkapnya akan saya ceritakan di post terpisah. Selama sekitar tiga bulan saya kerja di satu employer. Ketika sudah punya tujuh payslip (total 65 hari kerja) yang dibayar fortnight alias setiap dua minggu, saya apply second year. Dokumen yang saya upload adalah payslips, employment agreement dan payment summaries.

Anthony kerja di empat tempat sebagai cook, kitchen hand, stock runner (di form pilih other) dan TAB operator (di form pilih gaming operator). Anthony mengumpulkan 16 payslip (total 53 hari kerja). Dokumen yang dia upload adalah payslips dan employment agreement.

Step-step apply second year secara garis besar adalah sebagai berikut:
1. Create an ImmiAccount atau login
2. Memilih New application -> Working Holiday Maker -> Work and Holiday Visa (462)
3. Menjawab pertanyaan dan isi form sebanyak 16 part

Part 2
Pada screenshot part 2 di atas, sudah ada pilihan Third Year. Pada bagian Previous application jika kalian memilih visa grant number, isi tanpa sertakan huruf di belakang. Jika ada huruf di belakang, kita tidak bisa lanjut ke next step karena keterangannya visa grant number harus all numeric.

Part 3
Pada bagian health examination (part 3), kami memberikan detail kapan dan dimana kami melakukan Medical Check Up. Sebagai contoh kami menulis "I have done health examination on 1st December 2018 in Premier Bintaro Hospital, Tangerang, Indonesia".

Part 6
Country of residence pada part 6 kami isi di Australia karena saat apply kami sedang berada di Australia.

Part 12

Jika kalian kerja lewat labour hire company, sekarang perlu mengisi licence number-nya. Gampang kok cari taunya, tinggal google aja. Lalu di bagian bawah (tidak saya SS) kita harus mengisi "Date to" yang berarti kerja di employer ini sampai tanggal berapa. Dulu saya bisa mengisi tanggal akan datang kira-kira kapan saya akan berhenti kerja. Di sistem baru, Anthony bilang sudah tidak bisa jadi dia isi tanggal hari ini walau ke depannya masih kerja di employer tersebut.

4. Upload dokumen
5. Submit dan melakukan pembayaran 
Biaya visa second year adalah 450 AUDAda biaya tambahan untuk metode pembayaran dengan master, visa, paypal, dll. Biaya tambahannya bisa dilihat di gambar di bawah.

Biaya Tambahan pada Pembayaran

6. Medical check up (jika perlu)

Dari nomor HAP ID yang kita submit, immi akan tau kapan kita terakhir medical check up. Jika sudah lewat dari setahun maka harus medical check up lagi. HAP ID langsung didapat, tidak di-email seperti tahun pertama. Kabarnya jika medical check up di Australia, biayanya sekitar 300 AUD.

VISA GRANTED
Saya apply visa pada tanggal 26 Juni 2019 jam 23.00. Dapat email visa granted tanggal 28 Juni 2019 jam 13.00 (2 hari kerja). Sedangkan Anthony apply visa pada tanggal 2 Juli 2019 jam 15.00, visa granted tanggal 8 Juli 2019 jam 11:40 (4 hari kerja). Yeaay!!


Immi Grant Notification Second Year

Beberapa orang mengatakan jika proses second year visa memakan waktu sangat lama sekitar satu-dua bulan, bisa email ke working.holiday@border.gov.au atau working.holiday@homeaffairs.gov.au. Berikan data full name, nationalitydate of birth, nomor passport, reference number aplikasi dan tanggal submit visa. Beberapa orang mengatakan cara ini cukup efektif karena tidak lama visa mereka granted.

Timeline
Ines
Durasi kerja sesuai payslip : 13 Maret 2019 - 19 Juni 2019 (1 employer)
Apply second year : 26 Juni 2019
Visa Granted : 28 Juni 2019

Anthony
Durasi kerja sesuai payslip : 18 Februari 2019 - 16 Juni 2019 (4 employers)
Apply second year : 2 Juli 2019
Visa Granted : 8 Juli 2019

Inesu

My name is Ines and welcome to my blog Mochinesu. I am a traveller and blogger currently living in Darwin, Australia. I write my experiences and travel stories inside this blog.

6 comments:

  1. Whv 2019 kapan mulai dibuka ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi. Kurang tau. Tunggu pengumuman di IG nya imigrasi aja.

      Delete
  2. Hi Inesu, makasi udah sharing. Jelas dan padat, mau apply second year sebelum medical check up nya expired. Satu pertanyaan, misal 1st year ak expired June14 2020, ak mau apply second year (onshore), apakah bisa apply dibulan2 oktober or november 2019 tahun ini? ketika visa second year granted apakah timingnya akan diperpanjang menjadi June14 2021?? Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yani. Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, bener yang kamu tanyakan. Thank you.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Hi Ines, terima kasih yah udah share experience-nya, useful banget dari awal aku apply buat SRPI sampai sekarang lagi tunggu visa :) Aku punya rencana Nov ini akan ke Darwin untuk kelarin 88days di awal, kamu masih tinggal di Darwin? Mau minta sharing-nya nih mengenai gimana kamu cari kerja disana, apakah bulan Nov opportunity untuk Hospitality disana rendah sekali?

    ReplyDelete