Tips Jalan-jalan ke Russia

, , , , 2 Comments





Привет! (priviet; hello)

Setelah berkelana di Russia tepatnya Moscow dan St. Petersburg selama 8 hari pada April 2018, berikut tips-tips yang kami simpulkan:

1. Uang
Semua transaksi menggunakan mata uang Ruble. Cuma duty free di bandara yang menerima USD dan EUR. Uang ruble sangat sulit ditemukan di money changer Indonesia. Adapun kursnya mahal banget. Paling murah dan mudah adalah tarik tunai di mesin ATM bandara Russia. Kami tarik tunai di ATM bandara Domodedovo International Airport (Домодедовская), Moscow. ATM ini bisa ditemukan saat keluar dari pintu kedatangan, belok kiri, jalan terus sampai mentok, belok kiri. ATM nya di sebelah kanan dekat mesin jus jeruk. Nama banknya adalah West Siberian Comercial Bank.


Mesin ATM West Siberian Comercial Bank

Lokasi mesin ATM

Kartu ATM Indonesia yang bisa digunakan untuk tarik tunai adalah bank Permata, Mandiri, CIMB NIAGA, BNI dan Jenius BTPN. Kami hanya mencoba Permata karena gratis tarik tunai di luar negeri. Kami kena kurs 232 saat itu (April 2018). Menurut info traveller lain, Mandiri kena biaya penarikan Rp 20.000, CIMB NIAGA tidak kena biaya asal tabungan di atas Rp 10.000.000. Pecahan uang yang keluar dari atm adalah lembaran 5.000 rub. Jika di beberapa negara penarikan tunai dikenakan biaya oleh bank lokal (contoh di Kanada), di Russia tidak dikenakan biaya alias gratis.

Jika di akhir perjalanan ada sisa ruble dan tidak mau dibelanjakan, lebih baik ditukar di money changer bandara Russia atau bandara transit daripada ditukar di money changer Indonesia yang belum tentu menerima ruble. Kami tuker sisa ruble di bandara Suvarnabhumi Bangkok karena banyak orang Thailand yang ke Russia (mungkin karena tiket murah dan free visa) sehingga ruble kami pasti diterima. Waktu itu saya tuker ke jpy karena ada rencana ke Jepang, sedangkan mama saya tuker ke baht. Kami tuker di money changer SuperRich yang berada di lantai basement bandara.

2. Sim Card 
Operator yang umumnya dipakai di Russia adalah MTC, Beeline dan Megafon. Selama di sana kami memakai dua sim card yaitu MTC dan Beeline. Kami lebih suka MTC, karena jangkauan sinyal dan area nya lebih luas. Di bawah stasiun dan di kereta Moscow - St. Petersburg koneksi masih lancar jaya.


Sim Card MTC

Pasti pada bingung kok beli dua sim card? Padahal satu sim card saja cukup karena bisa tethering ke hp lain. Ceritanya, setelah ambil duit di ATM bandara kami langsung beli sim card MTC. Menurut ibu penjual, paket data akan berfungsi sekitar 15-20 menit sejak sim card dipasang ke hp. Kami tunggu sampe 30 menit kok belum bisa. Tanya kembali ke ibu penjual, katanya bisa jadi lebih lama. Ok kami tunggu sampe akhirnya hampir 1 jam belum aktif juga. Kami kesel dan berpikir 'masa baru nyampe sudah kena scam?'. Daripada buang waktu lebih lama lagi, kami beli sim card operator lain yaitu Beeline. Harga MTC 800 rub dapat paket internet 8 GB, sedangkan Beeline 800 rub (awalnya 1000 rub tapi kami tawar) dapat 5 GB. Keduanya dapat pulsa, gratis telp dan sms ke sesama nomor Russia sekian menit *lupa*.

3. Belajar Tulisan Cyrillic

Stasiun Kropotkinskaya, Moscow

Di Moscow semua petunjuk arah bertulisan cyrillic. Di St. Petersburg masih ada bahasa English karena kota tersebut sering didatangi turis (katanya karena letaknya yang lebih dekat ke Eropa). Saran saya, hafal sedikit huruf cyrillic supaya ga buta-buta banget di sana. Gampang kok hafalnya. Menurut saya, huruf dasar yang paling sering muncul dan wajib dihafal itu: 
с = s
р = r
и = i
н = n
я  = ya
в = v
д = d
б = b
у = u
п = p
л = l
з = z
ф = f
ы = y


4. Bahasa Russia
Tidak banyak orang Russia yang tahu bahasa Inggris. Walau kita tampang asia, orang Russia tetap 'hajar' kita dengan bahasa Russia. Kita cuma bisa melongo dengar mereka ngomong.. lol. Agar memudahkan, hafal sedikit kata dasar dan punya google translate di hp. Kata dasar yang sering dipakai: привет = privet = hello, спасибо = spasibo = terima kasih, да = da = iya, Нет = nyet = tidak, туалет  = tualyet = toilet, Выход = vykhod = exit.


Sumber

5. Orang Russia Tidak Murah Senyum 
Ya, mereka tidak murah senyum kepada orang yang tidak dikenal. Mereka menganggap senyum itu sesuatu yang spesial dan berharga, sehingga tidak mudah diberikan kepada orang asing. Selain itu, mereka terbiasa waspada dengan orang asing sehingga mereka menganggap senyum itu tanda cari perhatian dan bentuk kebodohan. So, jangan terlalu baper jika orang Russia yang kamu ajak ngobrol tidak tersenyum. 

Pengalaman kami bahkan orang yang bertugas bagian customer service misal meja informasi dan loket tiket di stasiun tidak tersenyum. Kalau receptionist hostel, mostly cukup friendly dan mau tersenyum. Sebaliknya jika sudah kenal, mereka sangat ramah dan friendly. Ini pengalaman saya saat di pesawat sebelahan dengan orang Russia dan kami ngobrol banyak.

6. Pakai Money Belt
Sudah jadi pengetahuan umum banyak copet di Moscow dan St. Petersburg. Barang berharga seperti duit, kartu kredit dan passport sebaiknya ditaruh di money belt. Money belt ini bentuknya seperti tas pinggang tapi kantongnya tidak besar. Biasanya money belt dipakai di dalam baju.

Contoh Money Belt - Sumber

Menurut para backpackers, jika kalian sedang jalan dan merasa diikuti, lebih baik berhenti jalan dan pasang tampang garang ke orang yang ngikutin. Biasanya mereka akan pergi ke arah yang berbeda dan berhenti mengikuti. Selama kami di sana, suami hampir dicopet saat jalan menuju ke Church of The Savior on Blood, St. Petersburg. Untungnya tidak ada yang hilang. Simak cerita lengkapnya di post Travelling to Russia #02 - Almost Got Pickpocketed.


7. Scammer
Seperti di Paris, di Russia juga banyak scammer. Biasanya mereka mengincar wisatawan yang polos. Bentuk scaming yang paling banyak adalah berkostum kartun atau tokoh tertentu. Mereka akan mengajak untuk berfoto bersama. Jika sudah berfoto, mereka akan meminta uang bahkan akan marah jika kita menolak untuk membayar. Saya lihat sendiri saat di Arbat street. Dari jendela kamar hostel kami bisa melihat langsung ke Arbat street.

Suami juga hampir kena scam di jembatan Cathedral of Christ the Savior, Moskow. Suami disamperin orang yang membawa burung merpati di tangannya. Dia dengan ramah menanyakan dari negara mana dan lain-lain. Karena sudah tau ini scammer, suami jawab dengan ogah-ogahan dan berlagak mau meninggalkan tempat tersebut. Sekejab scammer tersebut mendekatkan burung merpati ke tangan suami dan kena sedikit. Scammer tersebut bilang karena sudah menyentuh, suami harus membayar. Suami langsung pergi meninggalkan orang tersebut dengan muka judes.

8. Transportasi Metro 
Kereta Metro merupakan transportasi umum yang cepat dan mudah. Di tahun 2016 kereta metro mengangkut penumpang sebanyak 6,5 juta setiap hari. Map metro di Moscow bisa dilihat di link berikut.

Tiket
Di Moscow pengunjung dapat membeli tiket kereta di loket yang bertuliskan касса. Kasir tidak bisa bahasa Inggris. Untuk mempermudah, tulis di kertas jumlah tiket yang mau dibeli dan tunjukkan ke kasir. Kami memakai kartu Universal Ticket (Единый билет) atau Yediniy. Di kartu ini penumpang bisa mengisi tiket tanpa perlu deposit atau mengembalikan kartu. Kami membeli kartu yang berisi 20 tiket. Harganya 747 rub per kartu. Keuntungannya, harga per tiket jatuhnya lebih murah daripada beli ketengan. Contoh ketengan harga per tiket adalah 55 rub, sedangkan kartu universal ticket 20 tiket harga per tiketnya adalah 37.35 rub. Banyaknya tiket dan harganya dapat dilihat di gambar di bawah. Satu dan dua tiket cuma berlaku selama lima hari, sedangkan sisanya berlaku selama 90 hari. Anak di bawah umur 7 tahun tidak perlu membayar tiket.

Harga Tiket Metro Moscow

Harga tiket metro di Moscow jauh dekat sama. Jadi keluar stasiun cuma lewatin pintu steel tanpa perlu menempelkan kartu lagi. Kartu Universal Ticket ini bisa dipakai lebih dari satu orang. Jadi 20 tiket tersebut kami pakai untuk dua orang. Contoh, saya tempelkan kartu ke pintu steel, lewatin pintunya, kemudian berikan kartu ke suami yang masih belum lewati pintu steel. Saat tap kartu di pintu steel, pada layar akan menampilkan sisa tiket. Misal kartu berisi 10 tiket, setelah tap, akan tertulis 9 tiket.

Alternatif lain, jika belum menentukan naik metro berapa kali, kalian bisa memakai kartu Troika. Kartu Troika adalah kartu pay as you go yang berisi saldo. Harga jaminan kartunya 50 rub dan kartunya dapat dibeli di mesin dan loket. Harga per tiket jika menggunakan kartu ini adalah 36 rub. Seperti kartu United (Yediny), kartu ini juga bisa digunakan lebih dari 1 orang. Top up kartu bisa dilakukan di mesin, hati-hati mesin top up tidak mengeluarkan uang kembalian. Jika di akhir perjalanan masih ada sisa saldo di kartu, bisa ditukar ke cash, namun hanya bisa di Metro Service Centers; Ulitsa 1905 Goda street, 25 atau Staraya Basmanaya Street, 20 bld 1; jam 08.00 - 20.00. Kartu dan saldo berlaku selama lima tahun.

Jika kalian yakin akan sering memakai metro, tersedia pula one day pass (218 rub), three days pass (415 rub), seven days pass (830 rub) dst. Pass ini bisa dibeli di mesin dan loket. Berbeda dengan kartu yang lain, pass ini hanya berlaku untuk satu orang.


Mesin Top Up Kartu Troika (Kanan)

Pembelian tiket metro di St. Petersburg lebih simple. Kalian bisa baca pada post Travelling to Russia #02 - Almost Got Pickpocketed - bagian metro tour.

Kereta

Informasi mengenai stasiun berikutnya yang tercantum di peron kereta cukup jelas. Contohnya bisa lihat pada gambar di bawah. Di dalam kereta moscow, pengumuman dengan suara pria menunjukkan bahwa kereta sedang menuju pusat kota, sebaliknya suara wanita menjauhi pusat kota. Untuk jalur melingkar, suara pria menunjukkan kereta sedang melaju searah jarum jam, suara wanita melawan arah jarum jam. Jadi kalian juga bisa mengetahui apakah arah kereta yang kalian naiki sudah benar atau tidak melalui suara ini.

Petunjuk Arah pada Stasiun Kirovsky Zavod, St. Petersburg

Papan petunjuk arah di dalam stasiun juga berbahasa Russia. Kluenya jika kalian melihat tulisan Выход в город (Wikhot we gorot) artinya jalan ke arah kota alias keluar dari stasiun. Tulisan di bawahnya adalah nama daerah/tempat/gedung/jalan spesifik. Jika kalian ingin berpindah line, tinggal mengikuti warna line yang dituju. Kata lain yang perlu diingat adalah:
Вход в метро (Wkhot we Metro) -> pintu masuk metro
Нет Входа (Nyet Vkhoda) -> no entry

Petunjuk Arah dalam Stasiun

9. Big No to Taxi
Menurut beberapa orang, harga taxi biasa ampun-ampun. Argo kuda lah, harga diketok, diputer-puterin. Jika ingin naik taxi, jauh lebih murah dan praktis memakai yandex taxi dan uber. Yandex taxi adalah perusahaan taxi lokal Russia terbesar yang dapat dipesan online (aplikasi) seperti uber. Selama di sana, kami pakai kedua transportasi tersebut total lebih dari 10 kali.


Contoh Pemesanan Yandex

Contoh Pemesanan Uber

Kenapa kami memakai yandex? Jika memesan uber, empat koper gede kami tidak muat karena mobil di Russia rata-rata mobil kecil dan sedan. Uber di sana tidak tersedia opsi uberXL. Di yandex ada opsi mobil minivan yang muat sampai 4 orang dan koper-koper. Jika kami bepergian tanpa koper, barulah kami memakai uber karena tarif uber lebih murah daripada yandex. Oh iya, tarif di yandex adalah fix price.

10. Air Minum
Air keran di Russia tidak disarankan untuk diminum. Harga air minum satu botol 600 ml sekitar 20 - 100 rub. Pengalaman kami agar lebih berhemat, beli galon kecil 5 liter di swalayan. Kemasan 5 liter ini bisa untuk berdua selama tiga malam. Kalau mau lebih hemat lagi, biasanya hostel menyediakan dispenser air di area dapur/sarapan secara free. 


Perhatikan sebelum membeli air mineral. Air mineral di Russia ada dua jenis, yaitu tidak bergas (негазированная atau негазерованный/nyegazerovanniy) dan bergas (газерованный/gazerovanniy). Sejauh ini kami lihat, tidak ada tulisan bahasa Inggris pada kemasannya. Adanya tulisan Russia tersebut, негазированная atau негазерованный -> tidak bergas; газерованный -> bergas. Menurut kami, yang bergas agak aneh dan pahit. Tetap lebih suka yang tidak bergas.


Minuman Rasa Lemon Tidak Bergas

11. Google Street Penginapan
Sebelum ke Russia, sebaiknya google street terlebih dahulu penginapan yang kalian booking karena kebanyakan hostel di Russia berada di gedung apartemen atau flat yang bergabung dengan tempat tinggal warga setempat. Jadi tidak ada plang nama gede-gede. Identitas hostel hanya ada di pintu masuk yang biasanya diakses atau ditap dengan kartu. Cari tau lokasi hostel tepatnya: jalan apa, bangunan nomor berapa, kenampakan gedung dan pintunya seperti apa, kiri kanan hostel seperti apa dan hostel terletak di lantai berapa.

12. Registrasi Visa
Selain apply visa, ada pula yang namanya registrasi visa. Registrasi visa dilakukan jika berada di Russia lebih dari tujuh hari dan dilakukan setiap kali berpindah kota. Jadi dari registrasi visa tersebut akan tercatat kita ke kota mana saja dan berapa hari. Registrasi visa dilakukan oleh pihak hostel atau hotel atau host (jika menginap di apartemen) dengan atau tanpa biaya tambahan. Biaya tambahan bervariasi antara 100 - 500 rub tergantung dari kebijakan hostel/hotel/host. 

Cara melakukan registrasi visa, kita tinggal menyerahkan passport asli dan kartu imigrasi di dalamnya ke resepsionis atau host saat check in. Lama proses bervariasi. Waktu itu kami serahkan malam, besok pagi passport beserta kertas registrasi visa bisa diambil di meja resepsionis. Ada juga yang kami serahkan sore, malamnya sudah selesai. Oh iya, visa registrasi ini sebaiknya kalian lakukan ya walau pihak imigrasi tidak mengecek saat keluar dari Russia. Ini buat jaga-jaga random check oleh polisi setempat. FYI, bahkan warga negara Russia sendiri jika keluar kota diwajibkan registrasi visa juga.

13. Install Aplikasi
Aplikasi yang perlu didownload sebelum tiba di Russia adalah google translate (jangan lupa download juga bahasa Russianya), yandex taxi, uber dan yandex metro. Aplikasi-aplikasi ini sangat berguna selama travelling di Russia.

14. Toilet 
Seperti di negeri Barat lainnya, toilet di Russia juga merupakan toilet kering. Mau di toilet umum, hostel, hotel, bandara atau stasiun tidak menyediakan air basuhan/cebok setelah buang air kecil atau besar. Kami menggunakan tissue basah dan kering. Ada beberapa traveller menggunakan botol air mineral yang diisi air keran. 

Jumlah toilet umum di Russia tidak banyak. Di stasiun mostly tidak ada toilet umum. Adapun harus bayar dengan kartu troika. Jadi sebaiknya ke toilet dulu saat berada di tempat makan atau tempat wisata.

15. Kereta Sapsan
Selain dengan pesawat, transportasi antar kota juga bisa memakai kereta sapsan (tulisan Russia: Сапсан). Kereta sapsan adalah kereta berkecepatan tinggi di Russia. Dari Moscow ke Saint Petersburg one way dengan kereta sapsan memakan waktu sekitar 4 jam. Sebagai perbandingan, sleeper train memakan waktu sekitar 9 -10 jam. Tiket kereta dapat dibeli 90 hari sebelumnya dan disarankan lewat web http://eng.rzd.ru/ karena paling murah dibandingkan web lain. Pada web tersebut masih agak nyampur antara bahasa Inggris dan Russia. Step by step cara pemesanan tiket kereta sapsan dapat dibaca di post berikut.

16. Kantong Plastik
Kantong plastik di swalayan berbayar dan harganya adalah 5 rub. Memang tidak seberapa. Tapi kalau berkantong-kantong, lumayan juga.. hehe. Jadi siap sedia selalu kantong plastik di tas.

17. Hindari Bertanya kepada Polisi
Ini saya baca dari website orang lain. Bertanya kepada polisi tidak terlalu membantu, malahan mereka akan menaruh curiga dan mengecek passport serta dokumen kita. Jika sampai harus bertanya, carilah orang lokal dan anak muda yang kemungkinan bisa bahasa Inggris.

18. Duty Free di Bandara tidak Memberikan Plastik Segel
Awalnya saya tahu ini dari hasil sharing orang lain. Dia membeli parfum di bandara Domodedovo dan parfumnya tidak dibungkus dengan plastik segel duty free. Alhasil ketika transit di Bangkok, parfum dia tertahan karena melebihi 100 ml dan tidak berada dalam plastik segel tersebut. Saya juga sudah coba konfirm dengan memperhatikan orang yang belanja di duty free bandara Moscow. Ternyata benar tidak diberikan kantong segel.

***

Yak inilah tips yang bisa kami simpulkan. 


Kira-kira tips apa lagi yang teman-teman dapat selama travelling ke Russia? Bagi di kolom komentar di bawah ya!

Inesu

My name is Ines and welcome to my blog Mochinesu. I am a traveller and blogger currently living in Darwin, Australia. I write my experiences and travel stories inside this blog.

2 comments:

  1. Hello. Wah tq ya. Informasi nya berguna sekali.
    Kebetulan bln depan mau brgkt. Kalo bole tanya. Pernah compare ga?
    - tarik tunai atm bca vs kalo kita tuker USD di indo trus dituker lagi ke ruble di Russia?
    - Tarik tunai atm vs kartu kredit gesek pas shopping. Rate nya bagus mana ya? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Groovin.
      - saya belum pernah compare, tapi kena dua kurs begitu biasanya lebih mahal. Kalau mau bisa coba hitung lebih banyak dapat RUB yang mana: 1juta IDR -> xxx USD -> xxx RUB atau 1juta IDR -> xxx RUB
      - kartu kredit pun saya belum pernah coba karena takut di Eropa banyak Fraud/Scam. Namun saat naik uber pembayaran kami memakai kartu kredit kena kurs 235.6 (17/4/18), tarik tunai atm kurs 232 (14/4/18)

      Semoga membantu

      Delete