Cara Memesan Kereta Sapsan Russia

Привет! (priviet; hello)

Karena banyaknya pertanyaan mengenai cara memesan kereta antar kota di Russia, saya mencoba menuliskan pengalaman saya saat memesan kereta sapsan (tulisan Russia: Сапсан).




Sapsan atau bullet train merupakan kereta berkecepatan tinggi di Russia yang bentuknya mirip kereta shinkansen di Jepang. Dari Moscow ke Saint Petersburg one way dengan kereta sapsan memakan waktu sekitar 4 jam. Sebagai perbandingan, sleeper train memakan waktu sekitar 9 -10 jam. Lumayan memangkas waktu ya guys.

Kami naik kereta sapsan dari Moscow ke Saint Petersburg PP. Di Moscow kami naik melalui Leningradsky station (Ленинградский вокзал, Leningradsky Vokzal) dan akan tiba di kota Saint Petersburg tepatnya di Moskovsky Railway station (московский вокзал, Moskovskiy Vokzal). Leningradsky station biasa disebut juga dengan Mockba-Okt (Moskva Oktiabrskaia), sedangkan Moskovsky Railway station biasa disebut dengan Saint-Petersburg-Glavny station (Санкт-Петербург-Главный).


Stasiun Leningradsky Vokzal

Memesan Kereta Sapsan Online 

Tiket kereta dapat dipesan 90 hari sebelum keberangkatan. Kami pesan lewat web http://eng.rzd.ru/. Kelebihan dari web ini adalah paling murah karena official, namun tulisannya masih nyampur antara Inggris dan Russian/Cyrillic. Beberapa tulisan tersebut tidak bisa dicopas ke google translate karena berbentuk tooltip. Cara mengakalinya, buka web keyboard Cyrillic http://russian.typeit.org/, ketik manual di sana kemudian copas ke google translate.

Baron kereta Sapsan terbagi dalam beberapa kelas seperti: first class (1), bussiness (1), bistro (1), economy plus (1), economy (6). Di bistro terdapat bar dan seluruh kursi bermeja. Perbedaan kelas economy plus dibandingkan economy adalah jumlah seat economy plus dalam 1 baron lebih sedikit, sehingga jarak antar bangku lebih luas. Kemudian terdapat pula fasilitas colokan untuk charge dan dapat makan minum. Pada kelas economy walau tidak dapat makan minum, penumpang boleh membawa makan dan minum dari luar. Di setiap baron dapat dua toilet, gantungan untuk coat, penutup jendela untuk menghalangi sinar matahari masuk dan televisi plus headset untuk mendengarkan suara televisi. Suhu dalam kereta adalah 22°C jadi walau di luar kereta suhu minus, di dalam kereta tetap hangat.


Baron Kereta Sapsan
sumber

Contoh Denah Baron No 4
sumber

Kami membeli tiket sapsan pada awal Februari 2018. Kami memilih kelas ekonomi baron no. 3 untuk Moscow - St. Petersburg tanggal 16 April 2018 dan baron no. 4 untuk St. Petersburg - Moscow tanggal 19 April 2018. Harga masing-masing 1
.605 rub per orang atau sekitar Rp 394.000Kami memilih seat no. 61 - 64 yang ada meja di tengah dan dekat dengan penyimpanan koper karena parno dengar cerita orang kecolongan koper di kereta Eropa. Padahal kenyataannya tempat penyimpanan koper penuh dan kami menaikkan koper ke rak atas tempat duduk.. haha.


Baca juga: Cara Apply Visa Russia

Cara memesan kereta di web http://eng.rzd.ru/ adalah:
Step 1. Buat akun alias registrasi. Kemudian seperti web reservasi pada umumnya masukkan kota asal dan kota tujuan, tanggal dan range waktu keberangkatan. Klik Buy ticket.


Step 1

Step 2. List kereta pada hari dan waktu yang telah dipilih akan terlihat. Cari jam yang diinginkan dan kereta yang tertulis Сапсан. Pastikan berangkat dari stasiun Moskva Oktiabrskaia. Kemudian, pilih kelas yang diinginkan. 


Step 3. Baron sesuai kelas yang dipilih akan muncul di bawahnya. Setelah memilih nomor baron yang diinginkan, muncul denah baron. Pilih seat yang diinginkan. Seat yang warna merah pada gambar di bawah adalah seat yang dipilih. Klik Go to passenger data entry and seat selection  

Step 2 dan 3

Step 4. Langkah selanjutnya adalah memasukkan biodata penumpang. Yang perlu diperhatikan adalah:
1. Tulisan Оформить по льготе ФСС tidak perlu dicentang
2. Jika Middle name tidak ada, diisi "-"
3. Pada isian "document type", pilih "foreign document"
4. No passport pada isian "document number" diketik tanpa spasi
5. Pada isian "Tariff", pilih:
- Full untuk penumpang dewasa
- Child untuk anak maksimal umur 10 tahun. Harga tiket didiskon.
- Child without seat untuk anak maksimal umur 5 tahun tanpa tempat duduk (1 anak per penumpang dan penumpang di atas umur 10 tahun). Tiket gratis untuk kategori ini. Jangan lupa seat pada denah dikurangi satu.
- Junior untuk anak umur 10 - 21 tahun*
- Senior untuk penumpang berumur lebih dari 60 tahun* 

keterangan: *namun setelah dilanjutkan hanya berlaku untuk warga negara Russia, jadi tetap pilih "full"

Step 4
Step 4
Pada gambar di atas, terlihat icon ticket yang di dalamnya ada tanda "@". Itu artinya tiket cukup diprint atau disimpan di handphone tanpa perlu ke loket stasiun untuk diprint. 

Setelah memasukkan biodata, klik Reserve places. Summary data dan harga akan terlihat. Jika semua sudah sesuai, pilih check out.

Step 5. Lakukan pembayaran via kartu kredit. Katanya ini agak sedikit 'rewel', kartu kredit kemungkinan besar ditolak. Jika terjadi, coba kartu kredit lain terutama bank international. Pengalaman saya berhasil walau pakai kartu kredit BCA Krisflyer. Waktu itu kena kurs sekitar 245.3. Setelah transaksi berhasil, tiket akan dikirimkan ke email yang didaftarkan saat registrasi.

Contoh Tiket Kereta dari Rzd

Hari H Keberangkatan

Stasiun metro yang paling dekat dengan stasiun Leningradsky adalah stasiun Komsomolskaya (Комсомо́льская). Jika travelling lebih dari 3 orang, transportasi dari hotel ke stasiun lebih hemat dan mudah menggunakan yandex taxi. Yandex taxi adalah perusahaan taxi lokal terbesar di Russia yang dapat dipesan online (applikasi) seperti uber. Kenapa tidak pakai uber? Uber di sana tidak tersedia opsi uberXL. Jika pesan uber biasa, koper kita tidak muat karena mobil di Russia rata-rata mobil kecil atau sedan. Di yandex taxi ada pilihan minivan yang muat sampai empat orang dan koper-koper. Selama di sana kami berempat plus empat koper gede bahkan sampai beranak menjadi empat koper gede dan tiga koper kecil sukses menggunakan minivan ini.

Pakai Yandex dari Vinegret Hostel ke Stasiun Leningradsky Vokzal 

Pada hari H sebaiknya tiba di stasiun minimal 1,5 jam sebelum keberangkatan terutama jika membawa koper besar. Di stasiun tidak ada lift maupun eskalator dan harus melalui dua kali proses xray. Selain itu, informasi nomor peron agak sulit ditemukan. Jadi semuanya lumayan makan waktu. Sekitar 15 - 20 menit sebelum berangkat penumpang sudah diperbolehkan masuk ke dalam kereta. Di setiap pintu masuk baron akan ada petugas wanita (yang tentunya cantik) yang akan mengecek passport kita. Cukup tunjukkan passport, petugas akan memasukkan nomor passport kita ke dalam mesin yang dia pegang. Seperti di Jepang, kereta di Russia berangkat tepat waktu.

Pemandangan selama Perjalanan (ada sisa salju T^T)

Di kelas ekonomi tidak ada wifi. Sebenarnya ada tapi kata orang cuma buat lihat katalog barang yang dijual di kereta. Saya sendiri tidak cek karena sudah internetan memakai sim card MTC. Sayangnya sim card Beeline suami selama perjalanan mostly tidak ada sinyal. Oh iya, kenapa kita punya dua sim card padahal satu saja sudah cukup karena bisa tethering? Saya ceritakan di post Tips Jalan-jalan ke Russia.

Bagi yang ingin membeli makanan dan minuman di kereta tapi takut mahal, berikut ini foto menu makanan dan minuman di majalah kereta:






Ok. That's all. Semoga membantu bagi teman-teman yang akan memesan tiket kereta Sapsan di Russia!


Inesu

My name is Ines and welcome to my blog Mochinesu. I am a traveller and blogger currently living in Darwin, Australia. I write my experiences and travel stories inside this blog.

0 comments: