Impian ke Jepang: Surprising Japan Okujou (13-21 July 2015)


Haiiiiii!
Lama banget ga ngepost di sini. Long time no see, long time no see~ *nada lagunya TOP Big Bang*
Urusan ini dan itu (I'll tell you later, still secret now :p) membuat waktu tersita banyak. Ada beberapa produk etude udah difoto dan dipakai namun ga sempat direview di sini. But, there's more interesting topic I would like to share. I have been to a place that I dreamed for, the only place I want to go before die,   Jepang 日本!

sumber: wikipedia

Kepergian ke Jepang ini bukanlah yang direncanakan jauh sebelumnya. Namun, keinginan ke Jepang sudah dari kecil karena kecintaan akan Anime, Manga dan queen of pop Jepang yaitu Ayumi Hamasaki (kalau diceritakan dari awal sampai akhir pembaca bisa ketiduran xD). Honestly aku tidak pernah menyangka akan terwujud secepat ini. Kupikir nanti anak sudah gede baru ada duit untuk ke Jepang dengan suami xD But, hey.. universe berkata lain. Sekitar bulan April nyokap bilang ada wacana ke Jepang sekeluarga dengan ii/tante saat libur lebaran nanti. Wow! Wow! Wow! Senang! AAAA.. tapi ga mau terlalu ngarep juga karena atut atit ati kalau ga jadi :(

Kami kemudian mulai mencari paket tour yang sesuai di travel-travel. Kami ga jalan sendiri karena keterbatasan waktu dan bahasa (menurut pengalaman traveller, perlu spare waktu sekitar 1 tahun untuk planning ke Jepang karena harus planning serinci-rincinya). Ii pengen ke Tateyama Kurobe Alpine Route karena tembok saljunya yang unik sekalian supaya kami bisa rasain salju. Kami semua sepakat tidak ingin ke wahana bermain seperti Universal Studio di Osaka dan Disney di Tokyo, karena Jepang sendiri bagus banget dan banyak yang bisa dilihat. Kenapa harus liat western stuffs di negara seindah ini? *pencinta Jepang garis keras* lol. Sayangnya hampir semua rute yang ditawarkan ada wahana bermainnya. Kami sempat menemukan rute yang sesuai di salah satu travel. Setelah nyaris DP, akhirnya kami batal mengambil tour ini karena ketidakpastian berangkat (masih menunggu quota peserta terpenuhi) dan informasi yang tidak konsisten antara sales di Makassar dan Jakarta (FYI bokap, nyokap, koko, ipar dan ponakan tinggal di Makassar dan rencananya segala keperluan & visa akan diurus di Makassar).

Singkat kata, akhirnya kami menemukan rute yang paling oke: tanpa wahana bermain (walau tanpa Tateyama Kurobe Alpine Route -> mungkin karena pada bulan Juli di Jepang sedang musim summer sehingga es pada Pegunungan Tateyama mencair), tanggal berangkat dan pulang cocok serta pasti berangkat karena quota sudah mencukupi. Rute itu adalah Surprising Japan Okujou by Golden Rama.

Itinerary-nya adalah sebagai berikut:
Aku coba buat Itinerary yang to the point beserta list hotel ^_^
(klik gambarnya untuk ukuran besar)



Jika dilihat dari peta Jepang, perjalanan dimulai dari Prefecture Chiba (no 12) ke arah barat kemudian ke selatan, ke utara dan kembali ke Prefecture Chiba.
Urutan perjalanan: 12 - 14 - 22 - 20 - 17 - 21 - 26 - 29 - 23 - 22 - 19 - 14 - 13 -12




Surprising Japan Okujou
Okujou (屋上) dalam bahasa indonesia adalah atap. Jadi bisa kebayang kan mau lihat apa aja? Yup, highlight dari rute ini adalah Shirakawago (Day 04) yang mempunyai atap unik berbentuk tangan sedang berdoa. Aku akan ceritakan lebih lanjut nanti di post tersendiri ^_^ Selain Shirakawago, tempat yang unik dan berhubungan dengan atap/rumah adalah Higachi Chaya Machi (Day 03), Samurai House Street (Day 03) dan Takayama Old Town (Day 04).
Shirakawago (Day 04)

Overall, tour di Jepang selama 9 hari ini lancar! Tour Leader dari Indonesia dan Jepang oke, supir bus oke, anggota tour menyenangkan dan tepat waktu kemudian yang paling penting seluruh tempat berhasil dikunjungi. Walaupun ada faktor cuaca seperti angin kencang yang membuat rencana sedikit melenceng di Lake Ashi (Day 02) dan hujan yang membuat kami basah-basahan + kurang bisa menikmati objek wisata di Kyoto dan Nara (Day 05). But it's okay dan ga fatal ^_^

Hujan di Fushimi Inari, Kyoto (Day 05)

Keinginan seumur hidup terpenuhilah sudah. Kata-kata yang bisa mengekspresikan perjalanan ke Jepang ini: amazing, unforgettable, excited and happy! Hampir semua barang, semua yang ingin aku lihat dan lakukan terpenuhi. Suatu hari pengen balik lagi terutama ke kota Tokyo dan Osaka tanpa tour travel. Kenapa? Soalnya pergi beberapa tempat sehari membuat waktu setiap tempat terbatas, membuat kami terburu-buru dan kurang meng-explore tempat tersebut (belum lagi kudu belanja oleh-oleh xP). But, aku juga terbantu banget dengan adanya tour travel. Hal-hal seperti transportasi, hotel dan makan sudah diatur oleh mereka. Aku juga bisa bertanya macam-macam seputar objek, kebudayaan lokal dan bahasa Jepang ke local tour leader. Contohnya waktu membeli umaibo, snack zaman dulu Jepang yang mirip momogi di Indonesia, eh.. apa momogi yang mirip umaibo? xP Tulisan rasa/flavor-nya bahasa kanji dan ga bisa ditebak melalui gambar di kemasannya. Tanya ke local tour leader dan ternyata rasanya cukup unik seperti salad, pedes, yakitori dan takoyaki xD so, tour travel dan jalan sendiri punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal menyesuaikan aja dengan kebutuhan (dan duit).. yohohohoho *ketawa ala Brook One Piece*

Welcome to Japan!
Yoshhh sekian pembukaan, itinerary dan review overall Surprising Japan Okujou by Golden Rama (13 - 21 Juli 2015). Rincian per hari akan ku post satu persatu. Mungkin agak lama, maklum masih newbie dengan nge-blog. But I'll try my best! Ja ne じゃね~ (^o^)/


Ulasan perhari:
- Surprising Japan Okujou : Jakarta - Bali - Narita - Lake Ashi (Day 01 - 02)
Surprising Japan Okujou : Kenrokuen Garden - Higashi Chaya Machi - Samurai Street House (Day 03)
Surprising Japan Okujou: Shirakawago - Takayama Old Town (Day 04)
- Surprising Japan Okujou: Kiyomizu Dera, Fushimi Inari Taisha & Todaiji (Day-05)

Baca juga:
Tips Berendam di Pemandian Air Panas Jepang (Onsen)
- Keunikan Penutup Lubang Got di Jepang

Inesu

My name is Ines and welcome to my blog Mochinesu. I am a traveller and blogger currently living in Darwin, Australia. I write my experiences and travel stories inside this blog.

0 comments: