Tes Teori Australia Driving License (WA)


Banyak pertanyaan anak WHV terkait Nyetir di Australia. Saya coba membagikan informasi yang saya tau melalui FAQ berikut.

Q : Nyetir di Australia boleh pakai SIM Indonesia?

A : Menurut pengalaman beberapa orang, boleh asalkan ditranslate terlebih dahulu ke bahasa Inggris lewat KJRI atau NAATI.


Q : Bagaimana cara translate SIM lewat KJRI?

A : Pengalaman saya di KJRI Perth caranya mudah. Cukup isi form permohonan, bawa SIM Indonesia asli, passport asli dan visa. Bayar $30 dan permohonan akan diproses satu hari kerja (boleh diwakilkan). Sekitar seminggu kemudian, kalian akan menerima email dari KJRI ke Transport WA bahwa SIM kalian verified dan authentic.


Q : Apa itu NAATI?

A : Certified translators. Kepanjangan NAATI adalah National Accreditation Authority for Translators and Interpreters. Selengkapnya bisa dibaca di sini.


Q : Saya punyanya SIM International, gimana dong?

A : Sama halnya dengan SIM Indonesia yang ditranslate, SIM International bisa digunakan.


Q : Bagaimana cara membuat SIM International?

A : Bisa dibuat di Jakarta. Selengkapnya bisa cek pengalaman Catperku.


Q : Kenapa orang-orang pada bikin Australia Driving License?

A : Biasanya karena tuntutan pekerjaan contoh FIFO, Porter, Tour Guide, Delivery Service, warehouse (preferable) dan lain-lain.


Q : Kalau sudah ga WHV, gimana kaks?

A : Jika sudah tidak memegang temporary visa semacam WHV, student dan refugees alias menjadi permanent visa, kita diwajibkan membuat Australia Driving License. Tiga bulan pertama sejak visa dikeluarkan masih boleh menggunakan overseas license.


TRANSFER SIM INDONESIA KE AUSTRALIA DRIVING LICENSE

Menurut website resmi Department of Transport (DoT) atau semacam samsat di Indonesia, untuk mendapatkan Australian Driver’s License kita harus mentransfer SIM kita. DoT mengeluarkan list negara recognised country dan non-recognised country. Negara yang masuk recognised country dapat langsung mentransfer SIM-nya tanpa perlu melalui tes teori ataupun praktek, contohnya Singapore, Taiwan, Hong Kong, Korea, Spanyol, Perancis, Jerman, Finland, US dan lain-lain. Sebaliknya negara non-recognised country harus melalui hal tersebut dan sayang sekali Indonesia termasuk dalam non-recognised country.

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara tes teori dan praktek, perlu diketahui juga beberapa jenis driving license. Ada mobil Manual (C) dan Automatic transmission (C-A), moped (R-N) alias motor yang kecepatannya tidak lebih dari 50km/h dan tidak lebih dari 50cc, LAMS motorcycle (R-E) motor maksimal 660cc, Motorcycle licence (R) motor lebih dari 660cc dan lain-lain.

Pada umumnya, tempat kerja akan meminta full Australian driver’s license (C) alias manual transmission. Jika kalian membuat driving license automatic transmission (C-A) maka kalian tidak diperbolehkan menyetir mobil manual.

Selanjutnya saya akan menceritakan pengalaman tes teori di Western Australia, tepatnya di Perth. State lain bisa berbeda. Info selengkapnya bisa dicek di website department of transport masing-masing state :
NSW
VIC
QLD
NT
SA
TAS


TES TEORI / Computerised Theory Test (CTT)

Persiapan

Beberapa Catatan Penting yang Saya Tulis

Sebelum ke DoT, lakukan persiapan terlebih dahulu dengan belajar teori. Saran saya jangan langsung ke DoT tanpa persiapan. Walaupun kalian udah bertahun-tahun nyetir di Indonesia, tapi kalau disuruh jawab pertanyaan berapa maximum BAC yang diperbolehkan untuk pemegang full license, puyeng kan?

Materi tes teori bisa dibaca di Drive Safe Handbook.
Materi tes teori motor (motorcycle) dibaca di Ride Safe Handbook.

Tes teori dilakukan di komputer di DoT terdekat (selengkapnya saya jelaskan di bawah) tanpa perlu appointment terlebih dahulu. Tesnya terdiri dari 30 soal pilihan ganda tentang peraturan dan cara menyetir yang aman. Kita dikatakan lulus jika bisa menjawab minimal 24 soal dengan benar alias maksimum 6 salah. Latihan soal sangat disarankan dan dapat dilakukan pada link berikut. Berikut ini adalah contoh latihan soal tes teori.

Score dan Pembenaran Soal yang Salah

Try to practice all the 11 quizzes and score >90% every quiz. You’ll be alright!


Syarat Dokumen

Syarat dokumen translate SIM dapat dilihat di link berikut (bagian step 3).

Secara garis besar, dokumennya terbagi dua jenis:

  • Fotocopy SIM Indonesia + translate-nya + email dari KJRI
    Translate di sini harus di KJRI. Caranya sudah saya jelaskan di atas, bagian FAQ. Untuk email dari KJRI, petugas di DoT akan cek di komputernya dan attachment pada email akan diprint.
  • Proof of Identity
    Identitas yang diperlukan terdiri dari kategori A 1pcs + kategori B 1pcs + kategori C 2pcs + kategori D 1pcs atau kategori A 1 pcs + kategori C 2pcs + kategori D 2pcs. Untuk tau dokumen apa saja yang masuk di kategori tersebut bisa dilihat di link berikut. Saya menggunakan term yang pertama: visa (A), passport (B), debitcard Commbank (C), surat TFN (C) dan bank statement Commbank (D). Semua dokumen tersebut harus kita bawa (asli) dan tunjukkan saat ke DoT.

Hari H

Driver and Vehicle Services Centre City West Perth (Licensing services)
Troode Street and Plaistowe Mews, West Perth 6005 WA
Monday – Friday 08:15 AM – 04:30 PM (CTT and HPT must commence before 03:45 PM)
Telp : 13 11 56
Services available: Driver; vehicle; jetty; boat; vessel; registration (rego); licence account payments; change address; vehicle registration; vehicle transfer; temporary movement; custom plates; theory test (CTT); Hazard Perception Test (HPT); Assessment (PDA)

Lokasi lain bisa lihat di sini. Saya pergi yang cabang West Perth karena paling dekat dan dijangkau dengan bus gratis CAT.

Saat tiba di TKP, lebih baik mengisi “Driver’s License Application Form” terlebih dahulu sebelum mengambil nomor antrian karena panggilan nomor antrian cepat. Jangan seperti saya, baru sadar ternyata ada form yang harus diisi setelah mengambil nomor antrian. Jadinya terburu-buru isi form sampe udah di loket masih ngisi form. lol.

Setelah menyerahkan semua dokumen, kita diminta untuk tes mata dan membayar biaya tes teori $19.60. Kemudian petugas akan memberikan kertas bukti bayar yang bertuliskan nomor client. Petugas memberikan instruksi dan peraturan tes teori. Selama di ruangan tes teori, kita tidak diperkenankan untuk ngomong ama orang lain serta membuka hp. Kalau ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan ke petugas depan pintu masuk ruangan tes teori.

Pertanyaan tes teori sama persis dengan latihan soal. Cuma opsi jawaban a, b dan c-nya dibolak-balik. Jika kalian sudah latihan semua quizz, ini easy peasy lemon squeezy! xD

Setelah submit tes, di layar komputer akan tertulis apakah kita lulus tes atau tidak tanpa menuliskan berapa banyak yang salah. Kita bilang dan tunjukkan kertas yang tercantum nomor client ke petugas depan ruangan komputer. Beliau akan menanyakan apakah ingin membayar dengan metode cash atau card lalu memberikan nomor antrian yang berbeda lagi.

Tidak sampai lima menit, nomor antrian saya dipanggil. Petugas di loket mengecek seluruh dokumen yang diserahkan sebelumnya dan mengkoreksi/menanyakan jika ada yang kurang. Di situ saya lihat hasil tes tidak ada yang salah alias dapat score 100 (Yeaahh!). Setelah itu, kita diminta untuk membayar tes praktek/Practical Driving Assessment (PDA) sebesar $99.30. Petugas memberikan kertas bukti bayar beserta nomor yang kita perlukan untuk booking tanggal tes praktek secara online. PDA boleh dilakukan di cabang DoT mana saja, tidak harus sama dengan tes teori.

Full Australian Driving License akan diberikan setelah kita lulus tes praktek. Saya pikir setelah lulus teori kita akan diberikan Learner’s Permit (L-plat), tapi ternyata tidak. Mungkin karena kita punya overseas license yang bisa digunakan untuk nyetir di Australia.

Tujuan saya mengambil tes ini adalah demi kerjaan FIFO yang mewajibkan punya Australia Driving License. Tes praktek tidak sempat saya lakukan karena keburu dapat kerjaan housekeeping di city dengan rate hourly lebih tinggi dan tidak under agent. Selain itu, tes praktek yang paling cepat adalah bulan depan di cabang DoT yang jauh banget dari city.

Agak sayang juga lepas kerjaan FIFO karena akhirnya di-notice dan diproses oleh Compass Group (ESS). Sebelumnya sempat ditelp beberapa kali oleh recruiter mereka yang berbeda. lol. Ternyata jodohnya spend Christmas dan New Year ama cuami xD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *