Keunikan Penutup Lubang Got di Jepang


Salah satu keunikan Jepang berada di bawah kaki kita.

Penutup Lubang Got di Shirakawago


Penutup lubang got (sewer cap) berbeda di setiap kota sesuai budaya lokal kota tersebut. Sejarahnya, pada tahun 1985 pemerintah Jepang mengumumkan dan memberikan kebebasan kepada setiap kota untuk mendesain penutup gotnya masing-masing. Ada yang menggambarkan arsitektur warisan budaya, hewan atau bunga setempat, kehidupan sehari-hari, dan sebagainya.

Penutup Lubang Got di Gifu

Bagi beberapa orang termasuk saya, penutup lubang got ini menjadi objek yang menarik untuk dibidik kamera karena sampai saat ini terdapat sekitar 6000 tutup got di Jepang dengan desain yang berbeda serta memiliki sejarah di dalamnya. Contoh, penutup lubang got di Gifu terdapat gambar sejenis bangau dan ikan. Pada zaman dahulu nelayan di Gifu menangkap ikan dibantu oleh bangau yang lehernya diikat. Ketika bangau tersebut menangkap ikan dan akan memakannya, nelayan menarik dan mengambil ikan tersebut. Iya, terdengar sedikit sadis. Mungkin saat ini sudah tidak memakai cara tersebut, namun tetap dikenang dan menjadi warisan budaya di Gifu.  

Ini penutup lubang got yang kutemukan sepanjang perjalanan tour Surprising Japan Okujou by Golden Rama (13-21 July 2015) ^^

Kaga-shi
Takayama Old Town
Nagoya
Nagoya
Nagoya
Fujikawaguchiko
Yokohama
Yokohama
Yokohama
Yokohama
Yokohama
Tokyo

Menarik bukan?


Ayo share penutup got apa saja yang kamu jumpai di Jepang x)




_____


Tambahan, I went to Japan again on April 2017! 
Kakinya sudah dua pasang *ceh ileh* xD

Osaka
Osaka Castle 1


Osaka Castle 2




Oshino Hakkai
Ueno Park, Tokyo

_____


Update November 2018!

Nikko 1
Nikko 2




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *